Langsung ke konten utama

Hukum Tidak Sholat Jumat di Masa PSBB Transisi?

Pertama, perlu disamakan dulu pintu masuknya sebelum membahas.

Bahwa, pintu masuk fikih kondisi normal akan berbeda dengan pintu masuk fikih kondisi darurat.

Hadits-hadits pada kondisi normal seperti ancaman kemunafikan jika enggan sholat berjamaah, tidak pas dipakai pada kondisi darurat.

Sebagaimana ayat-ayat boleh memakan bangkai pada kondisi darurat, tidak boleh dipakai pada kondisi normal.

Kalau pintu masuknya tidak disamakan di awal, maka pembahasan di dalamnya tidak akan bisa dipertemukan.

Kedua, yang akan dibahas adalah Sholat Jumat, bukan sholat berjamaah di masjid, yang hukumnya di masa normal bukan wajib menurut mayoritas ulama.

Ketiga, masa transisi bukanlah masa aman, sebagaimana disampaikan oleh pemerintah (misalnya pesan Gubernur DKI di kanal Youtubenya). Hal serupa juga disampaikan para ahli seperti dikutip sebagian situs berita.

Lalu bagaimana hukum Sholat Jumat dalam kondisi ini?

Dalam kondisi normal tanpa wabah, hukum sholat Jumat adalah WAJIB, berdosa jika ditinggalkan. Inilah hukum asalnya.

Dalam kondisi wabah memuncak dan tidak terkendali, hukum sholat Jumat bisa jatuh pada terlarang (haram), sebagaimana yang telah difatwakan para ulama di berbagai belahan dunia.

Nah, dalam hukum Islam, antara Wajib dan Haram, ada "hukum transisi" yaitu; Sunnah, Mubah, dan Makruh.

Maka dengan logika sederhana, kondisi transisi antara [tidak ada wabah] dengan [wabah memuncak], bisa jatuh antara tiga hukum tersebut.

Kondisi pelaksanaan protokol yang ketat dengan jamaah yang homogen misalnya, mungkin menjadikan hukumnya sunnah.

Kondisi pelaksanaan protokol yang pertengahan, plus jamaah masih heterogen (tanpa screening ketat, masih ada yang bolak balik luar kota/pasar, dll), mungkin menjadikan hukumnya mubah.

Kondisi pelaksanaan protokol minimalis/sekedarnya, plus jamaah heterogen, mungkin menjadikannya makruh.

Hukum-hukum ini bisa dipahami dari fatwa-fatwa beberapa dewan ulama yang ada di Indonesia.

MUI melalui Fatwa No.31/2020 terkait Sholat Jumat di masa new normal memberikan kelonggaran pada bagian Keputusan poin 4b, yaitu bolehnya Sholat Zuhur di rumah ketika masjid yang melaksanakan protokol tidak dapat menampung jamaah.

Hal ini dilengkapi oleh Ketua Komisi Hukum MUI Ustadz HM Baharun sebagaimana dikutip dari kumparan.com bahwa umat Islam yang khawatir tertular atau menularkan di masa transisi ini masih boleh tidak Sholat Jumat di masjid.

Adapun dalam Tuntunan Ibadah Dalam Kondisi Darurat Covid-19 yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyyah, poin ke-10 menyebutkan tentang bolehnya kondisi hujan deras menjadi alasan tidak mendatangi Sholat Jumat sebagaimana hadits Ibnu Abbas, sehingga kondisi yang lebih berat dari hujan deras juga boleh dijadikan alasan yang sama.

Sedangkan Fatwa Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad no.30/1441 tentang Ibadah di Masjid di Masa New Normal, lebih jelas menyatakan terkait hal ini. Tercantum pada Kesimpulan poin ke-4; "..Bagi yang masih merasa belum aman...".

Hal ini menunjukkan bahwa hal ini kembali pada keputusan pribadi muslim yang "merasakan" situasi di sekitarnya. Dan tentunya wajar jika "rasa" itu tidak sama di antara jamaah masjid.

Tulisan ini bukanlah dimaksudkan untuk menyimpulkan hukum tertentu.

Namun hanya mencoba menggali pesan-pesan yang ada dari fatwa dan pendapat beberapa dewan ulama yang bisa diakses via internet.

Apapun keputusan yang diambil, hendaknya tetap menjaga kesatuan hati sesama umat Islam, minimal dalam doa.

Yang memilih memaksimalkan sholatnya di rumah, hendaknya mendoakan mereka yang ke masjid agar dijaga Allah dari wabah dan disehatkan selalu.

Yang memilih ibadah di masjid dalam masa transisi ini, hendaknya memanfaatkan kesempatan berdoa berjamaah dengan membaca doa qunut bersama imam, agar Allah segera mengangkat wabah ini.

اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا الْمَرَضَ جُنْدٌ مِنْ جُنُودِكَ
Ya Allah sesungguhnya penyakit ini adalah salah satu tentara dari tentara-tentaraMu.

تُصِيبُ بِهِ مَنْ تَشَاءُ وَتَصْرِفُهُ عَمَّنْ تَشَاءُ
Engkau timpakan kepada yang Engkau kehendaki, dan Engkau hindarkan dari yang Engkau kehendaki.

اللَّهُمَّ فَاصْرِفْهُ عَنَّا وَعَنْ بُيُوتِنَا وَعَنْ مساجدنا وَبِلاَدِنَا وَ كُلِّ بِلاَدٍ
Ya Allah hindarkanlah penyakit wabah ini dari kami, dari rumah-rumah kami, dari masjid-masjid kami, dari negeri kami dan dari seluruh negeri.

فَأَنْتَ خَيْرٌ حَافِظٌ
وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Sesungguhnya Engkau sebaik-baik Pelindung
Dan Engkaulah sebaik-baik yang menyayangi

Bogor,
Ba'da Zuhur, 17 Syawal 1441

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Wali Santri untuk Anak di Pondok

  (… sebutkan nama anak …)  اَللّٰهُمَّ ارْحَمْ اَللَّهُمَّ فَقِّهُّ فِي الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ اللَّهُمّ اغْفِرْ ذَنْبَهُ وَطَهِّرْ قَلْبَهُ، وَحَصِّنْ فَرْجَهُ اللَّهُمّ اجْعَلِ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبَهُ، وَنُوْرَ صَدْرَهُ، وَجَلاَءَ حُزْنَهُ، وَذَهَابَ هَمَّهُ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، أَصْلِحْ لَهُ شَأْنَهُ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْهُ إِلَى نَفْسِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ Artinya: “Ya Allah rahmatilah (nama anak), Ya Allah pahamkanlah ia agama-Mu, dan ajarkanlah tafsir kepadanya (1), Ya Allah ampunilah dosanya, sucikanlah hatinya, dan jagalah kemaluannya (2), Ya Allah jadikanlah Al-Quran hiburan di hatinya, cahaya di dadanya, penghapus kesedihannya, dan penghilang kegelisahannya (3), Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku memohon, perbaikilah segala urusan anakku, jangan serahkan kepada dirinya sendiri walau hanya sekejap mata (4). Ya Rabb, anugerahkanlah aku anak yang ...

PRINSIP TAISIR DALAM FIQIH MENURUT MANHAJ WASATH

Masjid Al Ghiffari IPB 8 Oktober 2017 Kajian rutin Ahad kedua Dr. Taufiq Hulaimi, Lc, MA Link rekaman video di youtube: #1: https://youtu.be/RAu9KP5ihq4 #2: https://youtu.be/ugKbRapphBI #3: https://youtu.be/bfbqMWPrKfM Prinsip pertama dalam manhaj al wasathiyah adalah at taysir. At taysir: *Fiqih dibuat mudah selama masih ada dalil yang mendukungnya.* Kebalikannya: At tasyaddud: Fiqih dibuat keras dan berat. AL WASATHIYAH Al Azhar Mesir mensosialisasikan prinsip al wasathiyah. *Al wasathiyah artinya di tengah.* Sesuatu yang terbaik. Wasathiyah kurang tepat jika diterjemahkan dengan kata 'moderat' tetapi lebih tepat diterjemahkan sebagai 'yang terbaik.' Manusia ada kecenderungan untuk menjadi terlalu keras atau terlalu cair. Islam tidak keduanya, tetapi di tengah. Dan biasanya *yang terbaik adalah yang di tengah.* Terlalu keras, segalanya tidak boleh, ekstrim kanan. Terlalu cair, segalanya boleh, ekstrim kiri. وَكَذَٰ...

Mahabbatullah II: Pupuk Cinta dan Tanda-Tanda Cinta

Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang sebab-sebab Mahabbatullah, kali ini kita akan membahas tentang amalan yang dapat memupuk Mahabbatullah dan tanda-tanda Mahabbatullah dalam diri kita. Di antara amalan pemupuk cinta adalah; 1. Membaca dan merenungi surat-surat cinta-Nya Allah azza wajalla, telah mengirimkan surat-suratNya kepada kita melalui perantaraan utusanNya al Mustofa. Maka jalan pertama untuk mencintai-Nya adalah dengan membaca surat-surat itu. الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi. (al Baqarah 121) Dan tidak hanya membaca, tapi juga memperhatikan ayat-ayatnya dan mengkajinya. كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا...