Langsung ke konten utama

Sehat (dan enaknya) Daging Kambing

Walaupun hari tasyrik sudah berlalu, mungkin tdk sedikit dari kita yg masih menyimpan daging qurban :)

Disebut hari tasyrik karena tasyrik berarti menjemur/mendendeng daging qurban di terik matahari
Mungkin karena banyaknya daging di hari-hari tsb, jadi wajar mengawetkannya.

Entah mengapa, ketika berbicara daging qurban, lebih banyak yg memilih sapi daripada kambing.

Dan entah mengapa, daging kambing memiliki imej negatif di masyarakat, khususnya indonesia.

Padahal, para ulama menjelaskan bahwa sendirian berqurban kambing lebih baik drpd berqurban 1/7 sapi.

Ismail pun diganti dg kambing kibas, bukan sapi.

Al Mustofa shallallahu 'alaihi wasallam pun selalu berqurban dg kambing kibas, sampai-sampai Imam Malik berpendapat bahwa berqurban dg seekor kambing lebih nyunnah drpd dg seekor sapi.

Dan, kambing pun adalah hewan gembalaan para Anbiya 'alayhimussalam

مَا بَعَثَ اللهُ نَبِيّاً إِلاَّ رَعَى الْغَنَمَ ، فَقَالَ أَصْحَابُهُ: وَأَنْتَ؟ ، فَقَالَ: نَعَمْ، كُنْتُ أَرْعَاهَا عَلَى قَرَارِيطَ لِأَهْلِ مَكَّةَ . رواه البخاري.
"
Tidaklah Allah mengutus seorang nabi pun melainkan pernah menggembala kambing.” Para sahabat bertanya,”Dan engkau sendiri?” Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab,”Ya, aku juga dulu menggembalakan (kambing-kambing) milik penduduk Mekkah dengan upah beberapa qirath." [HR Al Bukhari no. 2143 dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu . Lihat pula Shahihul Jami’ no. 5581]

Bahkan dalam pengobatan ala Nabi, domba bisa menjadi obat asam urat

Al-Imam Ibnu Majah dalam Sunan-nya meriwayatkan dari Muhammad bin Sirin rahimahumallah, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

شفاء عرق النسا ألية شاة أعرابية تذاب ثم تجزأ ثلاثة أجزاء ثم يشرب على الريق في كل يوم جزء

Obat ‘irqun nasa -asam urat- adalah (lemak) ekor domba pedalaman (dari Arab), kemudian ditumbuk dan direbus, dicairkan, kemudian dibagi menjadi 3 bagian. Setiap bagian diminum pagi, siang, dan sore (saat perut masih kosong).” (H.R. Ibnu Majah: 3463

Demikian kambing/domba dimuliakan dalam hadits.

Di antara keunggulan daging kambing yg mungkin jarang diketahui adalah sbb:

1. Lemak pada daging kambing lebih sulit diserap tubuh.

Lemak pada daging hewan memiliki titik cair yang berbeda-beda. Semakin tinggi titik cairnya, maka semakin sulit lemak itu diserap oleh tubuh, dan akhirnya ia akan dibuang kembali bersama kotoran.

Perbandingan titik cair lemak pada daging:

Sapi: 40 C
Ayam: 30 C
Babi: 28 C
Kambing: 44 C
2. Kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi.

Berbeda dengan daging sapi dan ayam, kandungan asam lemak tak jenuh pada daging kambing sangat tinggi. Asam lemak tak jenuh ini biasanya terkandung pada jenis ikan-ikanan seperti sarden dan makarel, dan di antara salah satu fungsinya adalah mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Kandungan L-Carnitine yang tinggi

L-Carnitine adalah salah satu jenis asam amino yang membantu membakar lemak di dalam tubuh.

Pembakaran lemak tubuh menjadi energi dilakukan di "pabrik" bernama mitokondria. L-Carnitine adalah satu-satunya asam amino yang mengantarkan lemak ke "tungku pembakaran" di dalam mitokondria.  Karena itu, semakin banyak L-Carnitine di dalam tubuh, maka semakin banyak lemak yang akan diangkut ke mitokondria.
 

Kandungan L Carnitine per 100gr daging hewan:

Sapi : 118 mg
Ayam : 8 mg
Babi: 27.4 mg
Kambing muda : 190 mg
Kambing dewasa: 221 mg

4. Rendah kandungan lemak dan lemak jenuh:

Perbandingan lemak per 85 gram daging masak:

Sapi: 7.9 gram lemak
Ayam: 6.3 gr
Babi: 8.2 gr
Kambing muda: 8.1 gr
Kambing dewasa: 2.6 gr

Perbandingan lemak jenuh per 85 gram daging masak:

Sapi: 3.0 gr
Ayam: 1.7 gr
Babi: 2.9 gr
Kambing muda: 2.9 gr
Kambing dewasa: 0.79 gr

5. Rendah kolesterol!

Secara umum, daging-dagingan mengandung tingkat kolesterol yang tidak jauh berbeda. Namun jika dipresisikan, ternyata daging kambing lebih rendah kolesterol dibanding daging lainnya yang biasa dimakan.

Perbandingan per 85gr daging:

Sapi: 73.1 mg
Ayam: 76.0 mg
Babi: 73.1 mg
Kambing muda: 78.2 mg
Kambing dewasa: 63.8 mg

Perbandingan kalori per 85 gram daging:

Sapi: 179kal
Ayam: 162kal
Babi: 180kal
Kambing muda: 177kal
Kambing dewasa: 122kal

Sebagian orang menolak daging kambing karena baunya dan katanya bikin panas,  benarkah demikian?

Terkait panas, sepertinya lebih banyak sugesti. Daging-dagingan sendiri secara umum adalah makanan berjenis panas, membantu menghangatkan, baik sapi maupun kambing.

Adapun bau, selain juga dimungkinkan pengaruh sugesti, sebenarnya bisa dikurangi jika kambing dirawat dg baik dan kebersihan kandangnya dijaga. Dan katanya, jika disembelih saat sedang nafas keluar (katanya lho).


======
Tips menghilangkan bau pada daging:

Rendam dengan perasan/parutan jahe selama minimal 30 menit.
Selain menghilangkan bau, juga akan membuat daging lebih empuk.

Tips sehat makan daging:

1. Daging adalah makanan panas, maka kombinasikan dg makanan dingin dg jumlah yg cukup. Tambahkan timun, tomat, dll (mentah), dlm jumlah yg cukup mengimbangi.

2. Perbanyak konsumsi serat dari buah dan sayur. Biasakan konsumsi buah 15-30 menit sblm makan.

3. Jangan berlebihan.
Banyaknya daging di rumah bukan untuk segera dihabiskan.
Tasyrik mmiliki makna mengawetkan daging, jadi awetkan sebagiannya, masukkan ke freezer atau dimasak dulu baru masuk freezer.

4. Lebih baik jika tidak terlalu lama dimasak, karena terlalu lama dimasak bisa membuat daging kehilangan mineral dan zat gizinya lebih banyak.

=====

Selamat menikmati daging kambing!
-dagingnya ya, bukan jeroannya-


---------
Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Hidup Sederhana bagi Anak?

Menurut Psikolog David J Bredehoft PhD, anak yang tidak terdidik hidup sederhana akan mengakibatkan, di antaranya; 1. Selalu ingin hadiah segera 2. Tidak mampu mengendalikan diri 3. Makan berlebihan 4. Tidak bertanggung jawab 5. Tidak paham apa itu "cukup", dll. Dalam islam sendiri, ajaran hidup sederhana erat kaitannya dengan pembentukan karakter syukur. Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia juga tidak akan mensyukuri yang banyak.  [HR. Ahmad, 4/278] Anak yang tidak bisa mensyukuri makan nasi tempe tahu, akan sulit mensyukuri makanan yang lebih mewah daripada itu. Anak yang tidak bisa mensyukuri jatah gadget 15 menit sehari, akan sulit bersyukur dikasih jatah gadget berapa lama pun. Anak yang tidak bisa mensyukuri liburan murah meriah, akan sulit bersyukur ketika diajak liburan mewah. Akhirnya anak tidak tahu apa itu cukup, dan sulit bahagia kecuali level rewardnya dinaikkan terus. Dalam mendidik kesederhanaan, orang tua harus menjadi teladan.

Doa Menolak Wabah Penyakit

اللهم إن هذا المرض جند من جنودك Allahumma inna hadzal marodho jundun min junuudika تصيب به من تشاء وتصرفه عمن تشاء Tushiibu bihi man tasyaaa', wa tashrifuhu 'an man tasyaaa' اللهم فاصرفه عناوعن بيوتنا وعن والدينا وازواجنا واهلنا وبلادنا وبلادالمسلمين و كل بلاد Allahumma fashrifhu 'annaa wa 'an buyuutinaa wa 'an waalidiinaa wa azwajinaa wa ahlinaa wa bilaadinaa wa bilaadil muslimiin wa kulli bilaad وحفظها مما نحافه ونحذر Wahfazhnaa mimmaa nakhoofuhu wa nahdzar فانت خير حافظ وانت ارحم الراحمين Fa Anta khoirun haafizho Wa Anta arhamur raahimiin Ya Allah, sesungguhnya penyakit ini adalah salah satu tentaramu Engkau timpakan kepada siapa saja yang Engkau kehendaki, dan Engkau hindarkan darinya siapa saja yang Engkau kehendaki Ya Allah, hindarkanlah penyakit ini dari kami, dari rumah-rumah kami, hindarkan dari orang tua kami, pasangan-pasangan kami, keluarga kami, dari negeri kami dan negeri kaum muslimin dan dari seluruh negeri. Dan lindungilah kami d

Kalimatullahi Hiyal 'Ulya

 إِلا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَى وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ (٤٠ Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad) , sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah) ; sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya , "Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita." Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara yang tidak terlihat olehmu , dan dia menjadikan kalimat (seruan) orang-orang kafir itu rendah . DAN KALIMAT (SERUAN) ALLAH ITULAH YANG TINGGI . Dan Allah Mahaperkasa lagi Mahabijaksana . (QS. at-Tau