Langsung ke konten utama

Banyak Jalan Menuju Juru Bahasa Freelancer

1. Yakin

Rezeki sudah ada yang ngatur. Mau jadi karyawan atau freelancer, yakinlah rezekinya sudah ada dari Dia.

Kuda Nil yang kerjaannya cuma berkubang aja badannya makmur, masa kita yang manusia ga yakin dengan rezeki dari-Nya.

2. Usaha Maksimal

Sayangnya kita bukan Kuda Nil, yang usaha maksimalnya adalah berkubang di empang.

Potensi 素晴らしい yang ada pada manusia, menuntut usaha yang keren dan sepadan.

With great power comes great responsibility 😎

Beberapa contoh memaksimalkan usaha disebutkan di bawah.

3. Asanebo wa Kinmotsu

Menjadi freelancer bukan untuk meningkatkan skill asanebo.

Kalo jadi karyawan aja harus selalu bangun pagi dan kerja sampai sore, masa freelancer berharap penghasilan lebih baik tapi bangun kesiangan. 冗談じゃない。

Mulailah ikhtiar sebagai freelancer sedari pagi.

4. Siapkan Sertifikat N

Khususnya bagi pemula, sertifikat N2 apalagi N1 akan mempengaruhi calon user untuk memilih kita. Ini bagian ikhtiar yang penting.  Jangan ragu luangkan waktu tuk belajar dan membayar untuk ikut tes. Ini tanda kita serius ikhtiar.

5. Siapkan CV

CV minimal dibuat dalam Bahasa Indonesia dan nihongo.

CV nihongo bukanlah sekedar terjemah dari CV Bahasa Indonesia.

Buat CV sesuai format dan kebiasaan negara bahasanya. Cek google, CV orang jepang itu kayak gimana sih. ATM: amati, tiru, modifikasi.

6. Siapkan Rate

Jangan jadi orang bingung kalau ditanya rate. Tapi, punya rate bukan berarti ga bisa dinego. Fleksibel aja. Apalagi buat pemula.

Seiring bertambahnya pengalaman, rate layak direvisi.

Saat awal-awal meniti jalan freelancer, penulis pernah menerima bayaran 5.000 yen per hari untuk guide klien keliling jakarta. Alhamdulillah, sekarang bisa menerima 50.000 yen per hari business meeting di Jepang. Adapun kalo business meeting di Indonesia, ご想像にお任せします。

Di antara cara menentukan rate adalah dengan melihat rate agen penerjemah di Jepang yang mempublikasi ratenya (kalau agen Indonesia jarang mempublikasi ratenya).

Rate freelancer lokal kira-kira 25%~40% dari publish rate agen jepanglah.

Dalam menentukan rate, perlu memperhatikan konsekutif atau simultannya, jam kerja, lokasi kerja, dan konten pekerjaan. Konten yang sulit layak dihargai mahal. Sedangkan konten yang merupakan hobi pribadi misalnya, bisa sangat fleksibel ratenya.

7. Kirim-kirim CV

Googling agensi penerjemah sebanyak mungkin, lalu kirimkan CV kita. Kalau perlu, agensi yang ada di Jepang kita kirimkan juga.

Pelajari kalimat-kalimat yang sudah pakem dalam surat lamaran kerja, khususnya bahasa jepang, sehingga bahasa email kita terlihat natural, bukan bahasa jepangnya orang asing.

8. Bikin Profil Linkedin

Tidak dipungkiri, Linkedin masih menjadi medsos pilihan bagi yang ingin mengembangkan karirnya, termasuk sebagai freelancer. Banyak head hunter yang memanfaatkan medsos ini untuk proyek-proyek mereka.

Setelah bikin profil, cari teman-teman seprofesi dan tambahkan mereka di daftar teman untuk memperluas jaringan dan memperbanyak peluang proyek.

9. Ikut Komunitas Penerjemah

Proyek sering diiklankan di komunitas. Ikut komunitas, dan aktif di dalamnya, minimal aktif komen di grup.

Info seputar komunitas penerjemah bisa didapat dari internet atau tanya-tanya ke teman seprofesi.

10. Nonton dan Baca Bahasa Jepang

Waktu senggang karena sepi proyek jangan dipakai untuk goler-goler saja. Jaga dan tingkatkan kemampuan nihongo dengan sering menonton dan membaca materi berbahasa jepang.

Jangan cuma anime dan komik, kalau memang punya cita-cita jadi penerjemah business meeting, apalagi seminar internasional.

11. Banyak Berbuat untuk Masyarakat

Waktu luang dan fleksibel sebagai freelancer jadikan potensi untuk berkontribusi ke masyarakat, menservis keluarga, jadi pengurus RT, DKM masjid, kerja bakti, dll.

Apa hubungannya dengan proyek freelancer?

Pepatah Jepang bilang 「情けは人のためならず」.

"Kebaikan itu akan kembali kepada pelakunya".

Sering ga sih merasa dapat proyek tapi bukan karena murni usaha sendiri?

Itulah buah-buah kebaikan yang balik ke pelakunya.

Jadi sekali lagi, jadi freelancer bukan sekedar tuk banyak waktu luang apalagi cuma buat goler-goler dan asanebo ya.

12. Doa

Jangan lupa. Dan lakukan dengan sangat serius. Dah gitu aja.

Kota Hujan,
25 Syawal 1440
#JumatBerkah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Orang Tua Dulu Bisa Mengasuh Anak Tanpa Ilmu Parenting?

Ada banyak versi jawaban terkait hal ini. Berikut ini hanya salah satunya saja, versi pribadi. Bisa jadi sangat kontroversial. Silahkan diskip jika tidak sepakat. Atau disebarkan, jika manfaat. Mungkin, pengasuhan orang tua kita zaman dulu berhasil, tanpa ikut seminar parenting, karena kesholihan mereka. Suksesnya pengasuhan seorang anak itu karena hidayah Allah. Bukan karena keahlian orang tuanya, atau keahlian konsultan, psikolog, dsb. Jika demikian, maka cara utama tuk mengasuh anak adalah dengan mendekat ke Sang Pemilik Hidayah. Menjadi orang tua sholih. Sholih bukan hanya terbatas rajin sholat, rajin sedekah, rajin ke masjid dll. Tapi sholih yang utama juga termasuk ibadah hati berupa tulus ikhlas, syukur, dan sabar. Mungkin orang tua kita zaman dulu tidak banyak jumlah ngaji dan sholatnya. Tapi bisa jadi setiap kalinya dilakukan dengan hati penuh ikhlas, syukur, dan sabar. Maka itulah penyebab datangnya hidayah Allah, dalam pertumbuhan anak-anak mereka. Atau juga mung

Bahaya Hidup Sederhana bagi Anak?

Menurut Psikolog David J Bredehoft PhD, anak yang tidak terdidik hidup sederhana akan mengakibatkan, di antaranya; 1. Selalu ingin hadiah segera 2. Tidak mampu mengendalikan diri 3. Makan berlebihan 4. Tidak bertanggung jawab 5. Tidak paham apa itu "cukup", dll. Dalam islam sendiri, ajaran hidup sederhana erat kaitannya dengan pembentukan karakter syukur. Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia juga tidak akan mensyukuri yang banyak.  [HR. Ahmad, 4/278] Anak yang tidak bisa mensyukuri makan nasi tempe tahu, akan sulit mensyukuri makanan yang lebih mewah daripada itu. Anak yang tidak bisa mensyukuri jatah gadget 15 menit sehari, akan sulit bersyukur dikasih jatah gadget berapa lama pun. Anak yang tidak bisa mensyukuri liburan murah meriah, akan sulit bersyukur ketika diajak liburan mewah. Akhirnya anak tidak tahu apa itu cukup, dan sulit bahagia kecuali level rewardnya dinaikkan terus. Dalam mendidik kesederhanaan, orang tua harus menjadi teladan.

Doa Menolak Wabah Penyakit

اللهم إن هذا المرض جند من جنودك Allahumma inna hadzal marodho jundun min junuudika تصيب به من تشاء وتصرفه عمن تشاء Tushiibu bihi man tasyaaa', wa tashrifuhu 'an man tasyaaa' اللهم فاصرفه عناوعن بيوتنا وعن والدينا وازواجنا واهلنا وبلادنا وبلادالمسلمين و كل بلاد Allahumma fashrifhu 'annaa wa 'an buyuutinaa wa 'an waalidiinaa wa azwajinaa wa ahlinaa wa bilaadinaa wa bilaadil muslimiin wa kulli bilaad وحفظها مما نحافه ونحذر Wahfazhnaa mimmaa nakhoofuhu wa nahdzar فانت خير حافظ وانت ارحم الراحمين Fa Anta khoirun haafizho Wa Anta arhamur raahimiin Ya Allah, sesungguhnya penyakit ini adalah salah satu tentaramu Engkau timpakan kepada siapa saja yang Engkau kehendaki, dan Engkau hindarkan darinya siapa saja yang Engkau kehendaki Ya Allah, hindarkanlah penyakit ini dari kami, dari rumah-rumah kami, hindarkan dari orang tua kami, pasangan-pasangan kami, keluarga kami, dari negeri kami dan negeri kaum muslimin dan dari seluruh negeri. Dan lindungilah kami d